Sehari bersama Freelance Writing Workshop Jember #2



Mendengar istilah freelance, apa yang akan tekoneksi dalam pikiran kita? Pasti yang muncul  kata 'serabutan'. Freelance dikonotasikan dengan seseorang yang mengerjakan apa saja, asal menghasilkan. Dalam masyarakat kita, posisi ini masih dipandang sebelah mata. Ketika bekerja tanpa seragam dan tanpa kantor,  tidak banyak orang memberikan apresiasi. Ini masih banyak terjadi di Indonesia, padahal pekerjaan seperti ini jadi incaran beberapa tahun ke depan.
Termasuk menjadi seorang Freelance Writer, sangat menjanjikan.

Sekilas penjelasan tentang hal ini diberikan oleh Mbak Prita HW, pemateri dalam Freelance Writing Workshop Jember #2. Acara ini dilaksanakan tanggal 5 November 2017. Bertempat di NOG Resto, Perum Gunung Batu, Jember. Ini merupakan  workshop kedua, sebelumnya batch #1 dilaksanakan 1 Oktober 2017. The Jannah Institute, sebagai penyelenggara berkolaborasi dengan Info Muslimah Jember. Keduanya, memiliki passion  yang hampir sama di dunia kepenulisan.

Diharapkan dengan workshop ini, seluruh muslimah bisa aktif menulis. Menebar manfaat lewat dunia kepenulisan. Pesertanya mulai dari mahasiswa, umum dan bahkan ada beberapa ibu rumah tangga yang ikut serta.
Berdurasi sekitar lima jam, acara ini diramu dengan sangat baik.  Sangat seru dan tidak membosankan. Boleh dibilang cukup interaktif karena ada sesi challange yang melibatkan seluruh peserta.



Pada sesi motivasi dari Info Muslimah Jember, oleh Mbak Wardah Abeedah. Kita diingatkan pada tujuan dari menulis, sebenarnya untuk apa. Tulisan, satu hal yang bisa mempengaruhi pemikiran manusia. Menulis, hendaknya diniatkan untuk sesuatu yang membawa manfaat bagi sesama. Bagaimanapun, tulisan yang mengandung hal positif akan membawa pengaruh yang positi, dan sebaliknya juga.
Rasanya akan jadi mimpi buruk, jika tulisan kita memberikan dampak negatif bagi orang lain. Menulislah, sekali dalam seumur hidup. Menulisah, untuk investasi di akhirat. Tentu saja, dengan menulis sesuatu yang bermanfaat.



Sesi menarik lainnya adalah sesi tentang peluang yang bisa diambil oleh seorang Freelance Writer. Ketika kita menekuni dunia ini, ada beberapa peluang yang bisa kita ambil. Termasuk juga penjelasan tentang berapa penghasilan, yang bisa didapatkan. Boleh dibilang, hal ini salah satu moodboster buat para pemula. Untuk bisa konsisten dan fokus menulis.
Setidaknya ada  beberapa peluang yang bisa kita ambil, antara lain;

1. Ghoswriter

Ghostwriter, artinya kita akan menulis baik itu buku, artikel , serta teks lainnya  untuk dipakai orang lain. Tentu saja ada kesepakatan yang telah disetujui sebelumnya, karena nama yang dipakai bukan nama kita, melainkan orang lain.

2. Blogger

Banyak sekali blogger yang sudah bisa monetize blog mereka sehingga bisa menghasilkan. Seorang Blogger  bisa meraup rupiah yang cukup lumayan. Biasany akan sepaket dengan kemampuan untuk menjadi buzzer, endorse maupun review produk.

3. Citizen Journalis

Peluang ini juga cukup mengiurkan, disini kita boleh dibilang sebagai kontributor lepas. Kita bisa menulis isu maupun peristiwa yang aktual dan mengirimkannya ke portal berita ataupun surat kabar.

4.Penulis Fisksi (Cerpenis/ Penulis Buku)

Bagi yang suka fiksi, maka peluang ini bisa diambil. Banyak majalah, surat kabar maupun media elektronik yang menerima cerpen. Jika bisa membuat buku fiksi, kita juga bisa menerbitkannya lewat jalur indie maupun major.

5. Penulis Biografi

Masih belum banyak yang menekuni peluang satu ini, padahal penghasilannya boleh dibilang cukup lumayan. Menulis biografi memang tidak mudah, butuh ketelitian dan kesabaran saat mengumpulkan data. Namun, semuanya pasti terbayarkan dengan hasilnya.

6. Conten Writer

Menjadi seorang conten writer memang belum booming seperti lainnya, namun peluang satu ini boleh dibilang cukup menarik. Bahkan, sekarang banyak dicari seiring dengan perkembangan dunia online. Conten writer ini biasanya juga mempunyai peluang untuk menjadi admin online fanpage maupun instagram bisnis.

7. Copywriter

Copywriting adalah sebuah tulisan yang ditujuan untuk menjual sesuatu, semacam soft selling. Ini biasanya dibutuhkan oleh toko-toko online yang sedang marak saat ini.


Sebenarnya, masih adalagi peluang lainnya. Banyak peluang  yang cukup menarik, ketika kita menjadi  freelance writer. Tinggal bagaimana bisa fokus dan konsisten untuk menulis. Akan lebih baik lagi, jika kita bisa fokus pada satu bidang. Mulai menulis dari sekarang, jangan menubda.  Jangan lupa membuat portofolio jika memang ingin berkecimpung di dunia ini.
Jadi, masih ragu untuk jadi seorang freelancer writer?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar